Belajar Apa Saja Sih Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

Pernah nggak sih Sobat Miku bertanya-tanya “belajar apa saja sih di Sekolah Menengah Kejuruan?”? Pertanyaan ini mungkin timbul dari Sobat Miku yang sedang bingung menentukan sekolah sesudah lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP), ya? Nah, biar nggak bingung, yuk kita lebih mengenal tentang SMK.

Menurut dari situs Kemendikbud, Sekolah Menengah Kejuruan ialah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada level pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau wujud lain sederajat. Sehingga, diinginkan jebolan SMK siap untuk memasuki dunia kerja atau bahkan berwiraswasta.

Belajar Apa Saja Sih Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?
Berbeda dengan Sekolah Menengah slot bonus new member 100 di awal Atas yang berkonsentrasi dengan akademik, SMK menawarkan jurusan yang relevan dengan kebutuhan industri. Jadi, betul-betul jelas sekiranya yang dipelajari SMA dan SMK itu berbeda. Lalu, belajar apa saja sih di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

Jurusan Spesifik
Jikalau di SMA kita mengenal jurusan IPA, IPS dan Bahasa, di SMK kita akan memilih jurusan yang betul-betul spesifik, umpamanya Akuntansi, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan masih banyak jurusan lainnya.

Nah, sekiranya Sobat Miku beratensi dengan jurusan tertentu, coba deh cari kabar tersedia di SMK mana. Jangan hingga kamu asal memilih jurusan meski kamu tidak menyukainya.

Pelajaran Berfokus pada Keterampilan
SMK berkonsentrasi pada keterampilan yang relevan dengan sektor industri tertentu. Ibaratnya ya, Sobat Miku yang masuk SMK itu memang telah dididik untuk menjadi daya kerja yang berkompetensi cocok dengan bidangnya. Sehingga, selama 3 tahun kamu berguru akan terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pada bidang yang kamu pilih.

Belajar Lewat Praktek kerja
Memang teori itu penting, melainkan sekiranya kamu masuk SMK maka kamu akan lebih banyak mengikuti praktik dan terjun lantas ke lingkungan kerja. Tujuannya supaya siswa dapat menggunakan kepiawaiannya, mengenal kendala yang dihadapi, menuntaskan masalah, dan lainnya yang seringkali dihadapi oleh pekerja.

Nah itulah yang akan kamu pelajari sekiranya kamu masuk SMK. Jadi, pilih SMA atau SMK, nih? Sesuaikan dengan rencana studimu, ya. Jikalau kamu mau lantas berprofesi, lebih baik masuk SMK. Apalagi, SMK juga terdapat kompetensi untuk menjadi wirausaha, sehingga sesudah lulus kamu dapat merintis usaha sendiri. Seumpama, siswa teknik komputer dan jaringan, sesudah lulus dapat membuka jasa situs atau membangun agensi komputerisasi.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.