Duka Endang Ditinggal Istri Wafat Sesaat Usai Tiba di Tanah Suci: Kami Lapang sekalipun Itu Berat

Duka mendalam dirasakan Endang, jemaah calon haji asal Ciamis berakhir pemakaman istrinya, Popon Rohmawati (50). Popon yang meninggal sesaat setelah tiba di Airport Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (26/5/2024).

Endang bercerita, sudah 11 tahun dia dan istrinya menanti hari untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima merupakan haji ke Baitullah.

Kita bareng-bareng ke Makkah. Menunggu 11 tahun, rupanya setelah ke sini kami tidak dapat bersama, dan Ibu tidak akan kembali,” tutur Endang sembari menyeka air mata, Senin (27/5/2024) dikutip dari Antara.

Ia mengucapkan, selama perjalanan normal-normal saja. \\”Kami berbahagia selama di pesawat, tidak ada masalah. Mulai terlihat ketika mengambil spaceman pragmatic koper, mengeluh pusing. Segera turun, tiba-tiba tidak ada kekuatan, pingsan dan sesak, kemudian ditangani tim medis,” kata Endang.

“Ibu diungkapkan meninggal dunia setibanya di Rumah Sakit King Fadh Hospital,” sambungnya.

Dikatakan Endang, tidak ada firasat akan kepergian istrinya. Namun, selama tiga tahun terakhir istrinya benar-benar rajin melaksanakan salat sunnah Duha dan tahajud. Selain itu, Almarhum Popon juga tidak pernah lepas dari bacaan Alqur’an.

“Istri saya dapat khatam Alqur’an sebulan sekali. Sekiranya tidak sedang haid, dia tidak pernah absen melaksanakan salat Dhuha dan salat Tahajud. Tiap-tiap malam, dia senantiasa membangunkan saya untuk salat malam,” kenang Endang.

Kepergian sang istri yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga dan mendidik ketiga putra-putrinya membuat si kecil-anaknya sungguh-sungguh kehilangan. Si bungsunya yang ketika ini masih duduk di kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih terus menanyakan keberadaan Ibunya.

“Kami Lapang, sekalipun itu berat. Allah pasti memberikan jalan yang terbaik untuk diri saya, untuk keluarga saya. Semoga Allah mengampuni terhadap dosa-dosanya, menerima amal ibadahnya, dan menempatkan almarhumah di daerah yang mulia,” doanya.

Dibantu Petugas Haji

Terhadap petugas haji, Endang yang bekerja sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Pangandaran ini, berterima kasih atas bantuannya mengurus jenazah sang istri.

“Alhamdulillah, saya betul betul-betul terbantu oleh petugas haji. Petugas haji memang sungguh-sungguh menolong, menolong saya terlebih. Aku ucapkan terima kasih terhadap tim petugas haji Indonesia, saya yakin tanpa mereka, entah bagaimana saya,” ungkap Endang terbata membendung air mata.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.