Resume Penguasaan Materi ‘Perjalanan Pengajaran Nasional

Penggunaan kurikulum baru sesungguhnya mengalami pro dan kontra, melainkan bila diperhatikan secara seksama terpenting untuk kurikulum merdeka ini bagus adanya bila segala lembaga pendidikan mengaplikasikannya. Dimana kurikulum merdeka memberikan kebebasan terhadap guru dan peserta ajar untuk menetapkan tujuan, materi, sistem, dan evaluasi pelajaran pantas dengan potensi, atensi, dan keperluan mereka. Kurikulum ini juga merujuk pada profil pelajar pancasila, yang memaksimalkan nilai, budi pekerti, estetika, logika, dan kinestetika.

Transformasi pendidikan via slot gacor 777 kurikulum merdeka diharapkan bisa mengimplementasikan hakekat dan tujuan pendidikan nasional. Visi Pengajaran Indonesia 2045: membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul, terus berkembang, sejahtera, dan beradab mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai kebiasaan Indonesia dan Pancasila. Kurikulum Merdeka Belajar yakni gerakan transformasi Program Merdeka Belajar KHD.

Gerakan Transformasi Pengajaran KHD pada dasarnya memberikan kemerdekaan bagi peserta ajar, guru, dan sekolah dalam menjalankan cara kerja pendidikan yang bertujuan untuk mengarahkan peserta ajar supaya bisa menjalani dan memaknai kehidupannya. Transformasi pendidikan merujuk pada konsep dan pemikiran KHD yakni tujuan pendidikan yang memerdekakan dan bermakna yang mesti dicapai oleh preserta ajar: kesanggupan untuk bisa hidup secara mandiri, hidup secara bermakna dan kesanggupan untuk hidup dengan memaksimalkan kehidupan. Tujuan pendidikan ini belum sukses dijawab oleh sistem pendidikan nasional kita.

Bila diperhatikan lebih jauh, gerakan transformasi pendidikan KHD yakni bagaimana pendidikan yang memerdekakan dan bermakna diatas bisa terwujud dalam cara kerja pendidikan kita yang bertransformasi dalam Kurikulum Merdeka untuk membangkitkan jiwa merdeka, serta pembangunan pendidikan yang berbasis kebudayaan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.