7 Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Tugas siswa adalah belajar, namun, belajar itu sebenarnya juga bisa untuk siapa saja loh. Misalnya untuk para sarjana yang juga harus belajar kalau mau ikut tes CPNS. Atau calon mahasiswa yang mau masuk ke kampus impian juga harus belajar supaya bisa lolos seleksi dan di terima.

Jadi, semua orang memang harus belajar. Namun yang menguasai cara belajar yang efektif serta efisien saja yang bisa menyerap hasil belajar Slot Online dengan lebih baik. Lalu, bagaimana sih cara melakukannya? Yuk coba simak di bawah ini.

1.Tetapkan Tujuan

Mulailah dengan menetapkan tujuan atau target. Misalnya tujuan belajar kalian adalah untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dengan memasuki perguruan tinggi slot server thailand super gacor itu, maka kalian harus punya nilai yang tentu saja mumpuni.

Itulah kenapa, menetapkan tujuan yang sebisa mungkin cukup signifikan untuk memacu semangat kalian. Contohnya seperti ujian semester nanti, kalian akan menargetkan mendapatkan nilai minial 80 untuk pelajaran matematika.

Kalian juga harus menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kalian mulai merasa kehilangan minat untuk belajar. Punya tujuan yang jelas bisa membantu kalian tetap fokus dan kosisten selama proses belajar.

2.Pahami Bukan Hafali

Beberapa orang salah salam belajar di hal ini. seringkali seseorang malah menghafal materi dan bukan memahaminya. Padahal, sekedar menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau untuk waktu jangka pendek. Dalam jangka panjang, ilmu yang di hafalkan hanya akan muda di lupakan dan tak meninggalkan manfaat apapun.

3.Coba Atur Jadwal Belajarnya

Dalam hal ini kalian harus disiplin dalam menaati jam belajar kalian. Contohnya dari jam 7 malam hingga jam 8 malam kalian harus belajar. Jangan lupa juga untuk bersitirahat selama 5 hingga 10 menit saat kalian sedang belajar.

Belajar setiap hari adalah salah satu kunci supaya keberhasilan belajar kalian lebih banyak terserap ke otak di bandingkan belajar dengan sistem kebut semalam. Bahkan jika kalian hanya menghabiskan 20 menit untuk belajar, maka itu lebih baik di bandingkan tidak sama sekali.

4.Jangan Malu Bertanya

Hal penting lainnya adalah jangan pernah segan untuk bertanya jika kalian tak memahami sesuatu atau mengalami kebnuntuan dalam suatu ilmu. Kalian belajar karena kalian memang tak mengerti, maka jika kalian kesusahan janganlah ragu untuk selalu bertanya. Kalian bisa bertanya pada teman, belajar bersama, maupun diskusi juga bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan.

5.Suasana Belajar Harus Nyaman

Untuk cara belajar efektif dan efisien berikutnya adalah dengan membuat suasana belajar yang nyaman supaya kalian tetap fokus dalam belajar. Beberapa orang mungkin terbiasa dengan suasana yang sepi serta tak banyak gangguan, maka kalian bisa belajar di perpustakaan atau kafe yang tenang.

6.Pantang Menyerah

Jika semua sudah kalian lakukan dan masih belum mencapai target, bukan berarti kalian gagal. Ingatlah bahwa kalian tak akan pernah bisa jika kalian tak membuat kesalahan. Maka, tetaplah percaya diri dan terus berusaha. Kalian harus tetap tenang dan pantang menyerah.

7.Buat Ringkasan

Kalian harus membuat ringkasan dari hasil belajar kalian. Bisa dengan menulis pokok – pokok penting, poin – poin bahan belajar, rumus, dan lain – lain. hal ini bisa memudahkan kalian untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.

Itulah beberapa tips supaya belajar kalian jadi lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.